7 Inspirasi Metode mengajar Unik agar Kelas Menyenangkan
7 Inspirasi Metode Mengajar Unik Agar Kelas
Menyenangkan
Pada umumnya, sosok guru identik dengan
penampilan rapi, kaku, dan disiplin ketat. Tak jarang pula profesi
pahlawan tanpa tanda jasa ini dianggap membosankan. Bahkan, banyak juga
anggapan bahwa guru cenderung membuat murid merasa segan, bahkan takut. Alhasil,
jam istirahat dan pulang adalah yang paling dinanti karena suasana di kelas
penuh ketegangan. Yuk ubah pandangan tersebut! Berikut ada 7 guru yang
mempraktikkan metode pengajaran unik yang bisa dijadikan inspirasi. Simak yuk!
1. Membuat Peace Post Card
Saara Suaib Hanafi, seorang guru Bahasa Inggris
di SMP Al-Azhar 9 Bekasi berhasil menciptakan metode mengajar unik dan
inovatif. Metode tersebut disebut dengan Peace Post Card. Peace
Post Card adalah terobosan yang dilakukan Saara dalam dunia belajar di
Indonesia. Setiap siswa diberikan kartu seperti kartu pos yang nantinya
akan mereka tuliskan pesan perdamaian. Di sini, para siswa diajarkan
untuk mampu menyampaikan pendapat. Kemudian hasilnya akan dipresentasikan
dengan siswa di luar negeri melalui aplikasi Skype. Sungguh
menarik sekali metode yang dibuat Saara ini.
Berkat karya inovasi metode mengajar uniknya
Saara juga berhasil mewakili Indonesia di Barcelona, Spanyol. Saara mengikuti
Ajang Microsoft Global Education Forum pada Bulan Maret 2014. Di sana, Saara
meraih juara learning tools yang dilombakan bersama 5 kelompok
guru internasional lain. Saara sangat menyukai profesi guru karena dia berpikir
bahwa hanya dengan menjadi guru dia bisa bermanfaat untuk orang lain. Dia ingin
memberi inspirasi dari apapun bentuknya yang baik untuk para siswanya.
2. Simulasi Kesadaran Berkonstitusi
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
sering kali dianggap remeh. Siswa merasa kebingungan, untuk apa sih belajar
PKN? Mereka cukup pusing dengan banyaknya hafalan. Menurut Rahayuningsih,
seorang guru di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta, metode mengajar secara
konvensional pelajaran PKN ini malah membuat siswa bosan. Berawal dari
permasalahan itu, guru yang biasa dipanggil Yayuk ini membuat metode
mengajar unik, yaitu Simulasi Kesadaran Berkonstitusi.
Yayuk memberikan materi PKN yang berisi 37 pasal
seperti bermain Monopoly. Namun, bedanya adalah kertas yang digunakan
lebih besar ukurannya dan bisa ditempelkan pada papan tulis ukuran kecil.
Siswa ada yang berperan sebagai fasilitator, narasumber, penonton, dan
pemain. Hasilnya, siswa dapat menghafalkan isi kandungan pasal-pasal
melalui kartu masalah dan kartu sanksi yang dibuat. Metode unik ini sudah
diterapkan di sekolah tempatnya mengajar. Hebatnya, metode ini pun membawa
dirinya menjadi Juara 1 Lomba Kreativitas Guru Tingkat Nasional pada tahun
2013.
3. Multimedia Interaktif
Di zaman digital seperti
sekarang ini, cocok sekali menerapkan metode mengajar berbasis multimedia. Nura
Uma Annisa, guru Taman Kanak-kanak (TK) Al Azhar 22, Semarang berhasil
menerapkan multimedia pembelajaran interaktif. Nura menghasilkan karya
animasinya sendiri. Mulai dari pembuatan materi melalui merekam suaranya
sendiri, pembuatan video, sampai dengan pembentukan gambarnya.
Nura mengajar anak TK.
(Sumber: tkalazhar22.com)
Menurutnya, merekam suara dan video
secara real akan meningkatkan minat belajar anak-anak TK
yang kebanyakan masih sulit membaca. Suaranya pun dibuat layaknya anak kecil.
Jika mengambil suara lain, kadang masih seperti suara orang dewasa.
Melihat gambar nyata dan menirukan suara anak-anak bisa membuat siswanya lebih
memperhatikan dan mudah menyerap pelajaran. Nura berhasil meraih penghargaan
Nasional Inovatif Teacher 2011 dan Microsoft
Innovation Challenging Contexts Asia Pasific Forum 2012, New Zealand.
4. Alat Peraga Matematika
Matematika acapkali menjadi pelajaran yang
ditakuti para siswa. Namun, Juli Eko Sarwono berhasil mengubah metode
mengajarnya yang otoriter dan text book menjadi fun.
Ia adalah seorang guru Matematika di SMP 19 Purworejo. Dulu, Juli
menerapkan metode belajar yang membuat siswanya takut belajar mata pelajaran
hitung-hitungan tersebut. Ia bahkan dikenal sebagai guru Matematika
tergalak.
Akan tetapi, Juli mengubah itu semua. Semua
sebutan galak yang diberikan siswa pada dirinya sirna. Ia menerapkan
metode belajar yang cukup unik dengan alat peraga, misalnya motornya. Motor
tersebut dimasukkan ke kelas hanya untuk sebagai contoh dalam materi tabung dan
lingkaran. Niat banget ya? Tapi, cara ini tidak sia-sia
dilakukan karena membuatnya masuk nominasi Liputan 6 Award 2013. Nilai
para siswa di sekolahnya pun meningkat dengan penerapan metode tersebut.
5. Mengingat unsur kimia melalui lagu
Menghafal tabel periodik unsur yang dipenuhi
huruf dan angka memang tidak mudah. Hal ini terkadang membuat siswa jadi keburu
malas. Nah, untuk menyiasatinya, salah seorang guru di luar negeri membuat
jembatan keledai untuk mempermudah siswanya dalam menghafal. Ia menggunakan
lirik lagu Bad Romance milik Lady Gaga untuk menyusun tabel
periodik unsur. Wah, kreatif sekali, bukan?
Bagi para pengajar Kimia di Indonesia, cara
mengajar unik ini patut dicoba lho. Malahan, kreativitas para pengajar pun
akan terasah karena membuat jembatan keledai. Tidak ada salahnya untuk
mengubah metode mengajar yang terlalu serius menjadi lebih fun. Itu
semua dilakukan demi menumbuhkan kecintaan para siswa terhadap pelajaran
Kimia.
Mengajar dengan meme.
(Sumber: cdns.com)
Apa yang terpikir oleh Anda mengenai meme? Pasti
langsung teringat dengan 9gag atau 1cak. Biasanya, meme ini banyak digemari
sebagai hiburan karena gambar dan kata-katanya yang membuat kita tertawa dan
geleng kepala. Nah, ada seorang guru yang memanfaatkan meme ini untuk mengajar.
Salah satunya contohnya yaitu gambar di atas, untuk menjelaskan sifat-sifat
cairan, ia menggunakan meme kucing sebagai sarana.
7. Membuat Rumus di Tangan
Seorang dosen Kimia bernama Zoe Waller,
Universitas East Angelia, Inggris menggunakan kulitnya untuk mengajar tentang
obat-obatan dan rangkaian molekul. Kulitnya menderita kelainan yang
disebut dermatographia.Ini merupakan kondisi di mana bila menggembung akan
memunculkan ruam gatal pada kulit. Dermatographia terjadi saat sel di bawah
permukaan kulit melepaskan senyawa kimia histamin, meski di bawah tekanan
paling ringan. Akan tetapi, penyakit yang dideritanya justru membuat Zoe
berinisiatif melakukan metode mengajar unik tersebut. Mahasiswanya harus
mempelajari 100 jenis obat setiap hari. Ia pun akan menggambarkan obat
baru yang akan dipelajari di kulitnya.
Akan tetapi, untuk metode mengajar satu ini,
tidak semua guru bisa melakukannya. Alternatif yang bisa dilakukan jika ingin
mengikuti metode unik tersebut bisa diganti dengan menempelkan kertas yang
sudah di gambar rumus-rumus Kimia.
Itulah beberapa metode mengajar unik yang
dilakukan oleh guru-guru di dunia. Mereka melakukan itu semua hanya agar para
muridnya bisa menyukai dan tidak merasa bosan belajar. Metode mengajar unik
seperti apa yang pernah Anda lakukan? Yuk berbagi di kolom komentar. Siapa
tahu bisa jadi inspirasi bagi guru lain.
Sumber: https://blog.ruangguru.com/7-inspirasi-metode-pengajaran-unik-agar-kelas-lebih-menyenangkan
Komentar
Posting Komentar